Buat yang belum tau seperti apa itu EDC, ini-lah dia gambar mahluknya.

EDC Terminal

EDC Terminal

Apa itu EDC? Kepanjangannya sudah ada di judul. Lalu apa pengertian EDC? Bisa dibilang EDC adalah sistem payment elektronik. Sedangkan menurut om wiki:

An Electronic Data Capture (EDC) system is a computerized system designed for the collection of clinical data in electronic format for use mainly in human clinical trials.

Saya ga tau deh artinya apa :mrgreen: tapi jangan aneh ya sama mahluk yang satu ini. Mahluk yang satu ini makin populer di Indonesia. EDC ini sudah digunakan oleh bank perkreditan rakyat (mungkin belum semua) bahkan oleh penjual/agen pulsa. Loh kok bisa?

Yap, dengan EDC, semua menjadi mudah. EDC dapat digunakan untuk transaksi pembayaran telepon rumah, listrik, pembelian pulsa, tagihan telepon genggam, beli tiket pesawat, dll. Kebetulan saya di kantor diassign ke project EDC Server, alias aplikasi server buat menangani request dari Terminal EDC, lalu meneruskannya. Saya juga belajar ISO 8583 dulu sebelumnya, karena format pesan yang digunakan oleh EDC adalah ISO 8583. Seperti apa sih format isi pesannya? Klo itu confidental :mrgreen:

Strategi bisnis apa yang terpikir dengan adanya EDC ini? Anda tinggal di perumahan sedangkan tempat bayar listrik / telepon rumah berjarak cukup jauh? Mungkin ini bisa menjadi usaha Anda, buka lapak EDC Terminal, nanti tiap awal bulan orang2 sekomplek pada bayar listrik / telepon dengan datang ke rumah Anda. Apabila biaya administrasi per transaksi adalah IDR2.500, dengan 10 KK anda sudah dapat IDR25.000. Klo 50 KK? Berarti IDR125.000. Klo 500 KK? IDR1.250.000. Itu baru listrik, belum kalau ada yang bayar telepon rumah, beli pulsa, dll. Lumayan buat usaha sampingan.

dari kiri ke kanan: EDC Terminal - Gelas - Laptop gw

dari kiri ke kanan: EDC Terminal - Gelas - Laptop gw

About these ads