Ketika saya bikin suatu program pake delphi, pernah terlintas di benak saya, bagaimana klo saya mau minta inputan pake object EditText, tapi EditText-nya cuma bisa nerima inputan angka aja..
ternyata ga susah kok. berikut ini trik-nya:

  1. pada form dari aplikasi yang sedang anda buat pake delphi, pilih/select EditText yang nantinya hanya akan menerima inputan angka
  2. sekarang kita beralih ke object inspector, pilih tag Events, lalu pilih events OnKeyPress.
  3. secara default, value events ini masih kosong. double klik value-nya, ntar bakal terbentuk procedure TForm1.Edit1KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
  4. pada procedure tersebut, tambahkan sintaks berikut ini.
  5. If not (((Key >= #48) and (Key <= #57)) or (Key = #8)) then
     Key := #0;
    

udah deh, cuma itu aja. gampang kan.. met nyoba :p