Mungkin ini sudah tidak asing bagi mereka yang sudah expert ama delphi.. saya disini cuma mau sharing aja.. terutama buat yang lagi belajar..

Klo kita bikin program pake Delphi, icon default dari program yang kita buat adalah icon delphinya.. nah ada caranya supaya icon dari aplikasi yang kita buat di ganti dengan icon lain yang kita inginkan.. gampang kok.

Pilih menu Project » Options.. » , lalu akan muncul jendela Project Options dari program yang sedang kita buat. Pilih Tab Application, disana kita dapat memberi Title pada aplikasi kita dan dapat mengganti current icon dengan cara klik aja tombol Load Icon… lalu silakan cari sendiri icon yang anda inginkan (*.ico)

Lalu bagaimana dengan Property Program??

Setiap program yang kita buat, sebaiknya mencantumkan siapa pembuatnya dan versi dari pembuatannya.. ini akan bermanfaat bagi kita jika kita nantinya akan melakukan pengembangan pada program yang kita buat..

Untuk menge-set property pada program, munculkan kembali jendela Project Options, pilih tab Version Info, berikan check list pada check box Include version information in project. Selanjutnya silakan isi property program sesuai dengan dengan informasi yang akan diberikan kepada target user, seperti versi program (terdiri atas major version, minor version, release dan build), atribut, bahasa, company name, file description, trademark.. dll

Advertisements