dulu saya pernah baca di artikel majalah komputer (nama majalahnya lupa), salah satu cara agar startup komputer jadi cepat adalah dengan menghapus semua file *.pf yang ada pada direktori C:\Windows\Prefetch (untuk windows XP). jadi tiap mau matiin komputer, selalu hapus dulu semua file *.pf yang ada di C:\Window\Prefetch supaya nanti klo nyalain komputer, startup-nya jadi cepat.

nah, ada cara agar kita ga perlu menghapus dulu file tersebut sebelum shutdown, yaitu dengan men-disable Prefetch. caranya dengan mengedit nilai registry windows.

buka dulu regedit (start menu » run, lalu ketik regedit, press OK). lalu pergi ke alamat HKEY_LOCAL_MACHINE — SYSTEM — ControlSet001 — Control — Session Manager — Memory Management — PrefetchParameters. ubah nilai registry untuk valuename EnablePrefetcher menjadi 0. secara default nilai valuename EnablePrefetcher adalah 1 (1 berarti enable). dengan mengubah nilainya menjadi 0 (dalam biner 0 adalah negasi dari 1), berarti kita sudah men-disable Prefetch dalam window. simple kan… met nyoba :)

About these ads