Prasyarat


Dalam tutorial ini, Anda diasumsikan sudah memahami cara mengcompile dan merunning program pada Pascal serta memahami dasar-dasar Algoritma Pemgoraman. Jika anda belum memahami Algoritma Pemgoraman, sebaiknya Anda memahaminya terlebih dahulu.

Pendahuluan


Pada tulisan ini, dibahas tentang Variabel serta dasar Input dan Output pada Pascal: Read, Readln, Write, dan Writeln.

Spesifikasi


Dalam tulisan ini, penulis menggunakan Turbo Pascal 7.

Persiapan

Ketikan source code di bawah ini pada Pascal.
Program InputOutput;
uses crt;

var
nama: string;

begin
clrscr;
write('masukan nama anda: ');
readln(nama);
writeln;
writeln;
writeln('Hallo ',nama);
write('Program Anda jalan.');
readln;
end.

Compile kode program di atas.

Cara Program Anda Bekerja


Kepala Program, penggunaan unit crt serta perintah clrscr sudah dibahas di tutorial sebelumnya. Kali ini akan saya bahas mengenai Variabel, Input dan Output.
Pada baris ke-4 terdapat kata var. Kata ini digunakan jika kita ingin mendefinisikan variabel pada pascal. Oleh karena itu pada baris selanjutnya (baris 5) terdapat deklarasi variabel nama yang bertipe string. Jika Anda tidak mendefinisikan variabel, maka kata var tidak perlu ditulis.
Pada baris ke-9 terdapat perintah write. Seperti sudah disinggung pada tutorial sebelumnya, perintah write digunakan untuk Output. Jika kita lihat pada baris ke-9, maka output yang dihasilkan adalah ‘masukan nama anda:‘. Selain write ada juga perintah writeln. Bedanya, jika kita menggunakan writeln, maka output berikutnya akan berada pada baris berikutnya seperti contoh program di atas pada baris ke-13. Setelah mengoutputkan ‘Hallo [nama yang diinput]‘, output selanjutnya (yaitu tulisan ‘Program Anda jalan‘) akan muncul pada baris berikutnya. Jika perintah writeln ditulis tanpa kata-kata yang akan dioutput, maka hanya akan berganti baris saja.
Perintah readln pada baris ke-10 artinya program meminta input dan data yang diinput nantinya akan disimpan pada variabel nama. Saat program meminta input, program akan menunggu Anda menginputkan data hingga Anda menekan tombol Enter pada keyboard setelah itu baru program akan mengeksekusi perintah pada baris selanjutnya. Jika perintah readln tidak diikuti variabel seperti pada baris ke-15, maka program hanya menunggu Anda menekan tombol Enter. Alasan penggunakan readln pada program sudah pernah dibahas di tutorial sebelumnya.