Minimal requirement untuk dapat memahami artikel ini:

  • Anda sudah mengerti dasar-dasar pemrograman struktural
  • Anda sudah menginstall java, sudah mensetting classpath-nya
  • Anda dapat meng-compile dan me-run program java via console atau IDE
  • Java yang digunakan adalah versi 1.5 or higher.

Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Setiap program / library dalam java harus dideklarasikan dalam sebuah Class. Karena para pencipta bahasa ini mayoritas adalah programmer C, maka bahasa java pun mirip dengan bahasa C. Untuk mempersingkat basa-basi, mari kita lihat source code berikut.

public class Hello{
 public static void main(String[] args){
  System.out.println("Hello there.. !");
 }
}

Source code di atas, save dengan nama Hello.java. Compile, lalu Run. Tidak perlu pusing dulu dengan keyword baru yang ada pada sintaks di atas. Pada artikel-artikel berikutnya, akan dijelaskan apa itu public, static, dll.

Program di atas adalah contoh program untuk meng-output-kan String “Hello there..!” ke layar output. Dari contoh program ini Anda sudah belajar bagaimana cara meng-output-kan String ke layar, dan perintah output-nya adalah System.out.println. (akan dibahas lebih dalam di artikel-artikel berikutnya).

Lalu bagaimana kalau ingin mengoutpukan data primitive seperti int, float, double, dll… ? Bagaimana cara deklarasi variabel..? Bagaimana cara asignment..? Seperti dikatakan sebelumnya, bahasa java mirip dengan bahasa C. Cara mendeklarasikan variabel pada java sama dengan C. Berikut ini contohnya.

public class SampelOutput{
 public static void main(String[] args){
  int i = 5;
  double d = 20.0;
  String nama = "John";
  System.out.print(nama+d+" ");
  System.out.println(i);
 }
}

Ya, ada 2 macam perintah standar untuk output : System.out.println dan System.out.print. Perbedaannya adalah jika kita menggunakan print maka outputnya ke samping, sedangkan println outputnya ke bawah.