Mau operasi jantung? Paru-paru? Usus buntu? Baik operasi besar maupun operasi kecil, Anda tidak perlu takut untuk menghadapinya. Saya sendiri pernah mengalami operasi kecil, yaitu usus buntu (operasi kecil karena tidak sampai ususnya pecah). Tapi saya sama sekali tidak merasa takut, bahkan biasa-biasa saja. Berikut ini tips untuk menghadapi Operasi dari saya.

1. Percaya Dokter
Ingat bahwa dokter yang melakukan operasi nantinya adalah dokter ahli di bidangnya dan sudah berpengalaman. Jadi tidak perlu khawatir operasinya gagal atau lebih buruk. Jadi tidak perlu khawatir operasinya gagal.

2. Buat Menjadi Nyaman
Ya, buatlah suasana menjadi nyaman. Tidak perlu tegang. Misalnya, waktu saya mau operasi malah foto-foto dulu. Atau kalau memang ingin ke toilet, tidak perlu malu dan jangan ditahan. Setelah operasi, saya malah menyempatkan diri untuk blogging, mem-posting pengalaman saya tentang bagaimana saya menjalani operasi. Anda bisa juga mencoba blogging sebelum operasi dilakukan (kalau memang sempat)

3. Ingat Keluarga
Jangan lupakan keluarga. Keluarga Anda akan senantiasa mendampingi, setidaknya selalu mendoakan keselamatan dan kelancaran operasi yang akan anda jalani.

Ada yang mau menambahkan?

Simak juga pengalaman saya menjalani operasi usus buntu.