Lost Partition? Yap, partisi gw ada yang hilang. Setelah gw berhasil menghapus linux, dan memperbaiki MBR Vista, partisi gw yang dipake linux ga bisa di-restore? Why? Karena sebuah harddisk maksimal bisa dibagi ke dalam 4 buah partisi, tidak bisa lebih dari itu. Nah loh, kok gw bisa?

Gini ceritanya, short story kok. Harddisk gw udah ada 4 partisi, waktu gw install linux GarudaOS, si installernya secara ga sengaja gw suruh cari space kosong di harddisk gw. Entah dari mana, dia berhasil mengalokasikan sekitar 1.78 giga dari harddisk gw (ada partisi ke-5 tuh). Dan tentu space itu ga cukup buat install linux. Makanya gw make partisi ke-3 punya gw (sekitar 30 gigaan). Yang 1.78 giganya bijimane? Ya gw pake buat Windows lah, lumayan buat naro2 file sementara, daripada lumanyun.

Setelah linux gw hapus, gw format, partisi ketiga ini hilang bak ditelan bumi, ga bisa gw restore. Alasannya ya itu tadi, maksimal 4 partisi. Gw udah coba dengan cara hapus partisi yang 1.78 giga, lalu restore yang 30 giga, tetep ga bisa. Gw make tools disk managemennya Vista (Control Panel — Administrative Tools — Computer Management — Storage — Disk Management). Akhirnya gw gooling untuk mencari 3rd parity software yang gratis untuk merecover lost partition ini.

Akhir gw nemu toolsnya: EASEUS Partition Recovery. Gw bener ngasih 2 thumb up buat tools ini, its cool, simple, powerfull, ringan. Puas banget gw, secara space 30 giga gw bisa diselamatkan. Setelah gw download, gw install, lalu run programmnya. Langkah2nya:

  1. Klik next aja
  2. Pilih harddisk yang mau direcover partisinya, lalu next
  3. Lalu piilih Search Unallocated Space
  4. Scan method pilih Fast. Lalu next.
  5. Selanjutnya tool ini bakal scan harddisk lo, lo tunggu aja.
  6. Di scan result, check list partisi yang mau direcover.
  7. Lalu klik next atau ok atau you tau lah.. untuk recover.

Selesai, lalu gw buka Windows Explorer, dan Space 30 giga gw bisa diselamatkan.. (selamet.. selamet..), yang 1.78 giga (gw sendiri ga tau dateng dari mana) gpp deh ga bisa diapa2in.

Buat yang mau download tool EASEUS Partition Recovery silakan kunjungi situs ini.

Note: Software ini compatible juga dengan Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.