Beberapa minggu yang lalu, gw pernah menginstall linux GarudaOS di laptop. Berhubung jarang gw pake (dan ngabisin space yang lumayan: 30 giga), jadi gw  hapus tuh linux-nya. Gw hapus linux tsb dengan cara format partisi si linux via Disk Managemenet-nya Vista (Control Panel — Administrative Tools — Computer Management — Storage — Disk Management). Di situ saya bisa melihat partisi mana yang dipakai sama si linux, lalu saya klik kanan partisi si Linux, lalu pilih format.

Apa sudah selesai? Ternyata belum. GRUB punya si linux masih muncul waktu booting. Dan karena linux nya udah di format, GRUB nya error (GRUB loading error: 22). WTH. Linux ribet banget sih, udah di format masih ajah ada yang nempel. Gw sempet bingung banget, frustasi, stress.. gw kira harus intall ulang Windows.. sampe akhirnya dikasih satu salah satu temen, katanya bisa di repair dengan DVD Installer Vista, command nya adalah fixmbr. Akhirnya gw googling deh. (Googling pake PC kantor di hari minggu, di hari yang sama gw posting tulisan ini).

Setelah mendapat referensi, akhirnya gw berhasil. Ternyata gini nih caranya:

1. Nyalain Laptop/PC, pastikan boot dari DVD Installer Windows Vista

2. Setelah installer muncul lalu klik next. (untuk opsi bahasa, pilih engslish aja, ga ngerti juga ga apa2)

Klik Next

Klik Next

3. Klik “Repair your Computer

repair your computer

repair your computer

4. Sekarang, dari System Recovery Options dialog, pilih OS yang mau direpair, dalam hal ini gw pilih Windows Vista gw (ya secara ga ada OS laen)

system recovery options

system recovery options

5. Dari pilihan Tool Recovery yang ada, pilih “Command Prompt”.

Select recovery tool

Select recovery tool

6. Setelah Command Prompt muncul, ketikan perintah berikut.

bootrec.exe /fixmbr
bootrec.exe /fixboot

7. Kalo udah, tinggal Restart. Skr gw bisa boot lagi dari Windows Vista gw (selamet.. selamet.. fiuh..).

Sumber: http://www.lancelhoff.com/how-to-fix-vista-mbr-repair-broken-vista/