Ponsel atau handphone, sudah menjadi kebutuhan semi-primer bagi setiap orang. Dikatakan primer karena saat ini ponsel bagaikan barang yang wajib dimiliki bagi setiap orang. Mengapa saya sebutkan semi di depannya? Karena apabila seseorang tidak memiliki handphone, bukan merupakan masalah besar seperti tidak memiliki sandang pangan atau papan. Masih bisa menggunakan telepon umum bukan?

Namun seperti dikatakan oleh berbagai sumber (salah satunya WHO) bahwa ponsel memiliki dampak radiasi, maka apa yang harus kita lakukan? Apakah kita harus berhenti menggunakan teknologi ini? Well, bisa saja anda berhenti menggunakan ponsel untuk menghindari radiasi ini. Namun dampaknya adalah ketika seseorang ingin menghubungi anda, balik lagi ke zaman batu dimana rekan anda hanya dapat menghubungi anda via telepon rumah atau telepon kantor. Dan itu tentu saja tidak praktis.

Lalu bagaimana cara menghindari radiasi ini tanpa bergenti menggunakan ponsel? Tidak ada. Selama anda menggunakan ponsel, anda terkena radiasi. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi radiasi tersebut. Simak tips versi saya untuk menghindari radiasi ponsel berikut ini:

1. Gunakan Headset
Ya, gunakanlah headset. Mengapa? Dengan menggunakan headset, jarak ponsel dengan tubuh anda semakin jauh. Ini bisa mengurangi radiasi. Tetapi, jangan terlalu lama menerima telepon menggunakan headset. Selain karena radiasi, menggnuakan headset selama 5 jam dalam seminggu bisa berakibat kerusakan permanen pada telinga. Lalu bagaimana? Sesekali gunakan speaker pada ponsel anda. Namun tentu ini memang tidak nyaman apabila anda sedang berada di tempat umum, karena privasi anda yaitu apa yang anda bicarakan di telepon dapat didengar oleh orang lain. Jadi, sesuaikanlah dengan kondisi anda.

2. Kurangi bluetooth dan headset wireless
Benar sekali, bluetooth dan wireless merupakan salah satu penyumbang radiasi pada ponsel. Gunakanlah kabel data untuk transfer data antara ponsel dan PC atau laptop anda. Untuk headset, gunakan saja headset yang menggunakan kabel.

3. Gunakan speakerphone
Seperti yang sudah saya singgung di point pertama, selain menggunakan headset anda juga bisa menggunakan speakerphone. Namun ya itu tadi, privasi anda terganggu🙂

4. Gunakan casing penahan radiasi
Ya, gunakanlah casing penahan radiasi. Saat ini sudah ada casing yang diklaim dapat mengurangi radiasi. Saya sendiri tidak tahu apakah casing tsb benar-benar bisa menahan radiasi. Menurut saya sih, paling mengurangi radiasi. Tapi tidak apa-apa. Yang penting bisa mengurangi radiasi ponsel. Note: coba cari di google dengan keyword: casing penahan radiasi. Anda tidak akan mendapatkan index situs yang menjual casing penahan radiasi, melainkan index situs yang menyajikan tips cara mengurangi radiasi

5. Hindari sudut ruangan dan ruang sempit, lalu diamlah
Ketika anda menerima telpon di sudut ruangan atau ruangan yang sempit, ponsel anda akan mencari sinyal yang kuat sehingga tingkat radiasi semakin tinggi. Sebaiknya anda menerima telepon di luar ruang atau dalam ruangan yang besar. Hindari menerima telepon di ruang kecil seperti lift. Selain itu, menerima telepon sambil berjalan juga berbahaya. Karena saat anda berjalan, ponsel anda mencari sinyal secara terus menerus… dan hal tersebut meningkatkan radiasi. Oleh karena itu, saat anda menerima telepon.. diamlah.

6. Jangan selalu menempel
Suka menyimpan ponsel di saku celana atau di ikat pinggang menggunakan dengan casing? Hindari kebiasaan ini, saat anda duduk bekerja, simpan lah di meja anda. Sebisa mungkin, jangan sering menempelkan ponsel dengan tubuh anda. Ini juga bisa mengurangi radiasi.

7. Gunakan dua telinga
Gunakan telinga kiri dan kanan anda secara bergantian. Jangan melulu menggunakan telinga kiri atau kanan. Menurut para ahli, hal ini dapat meminimalisir radiasi yang terpancar.

8. Kurangi akses internet lewat ponsel
Apabila anda sering membuka situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya melalui ponsel.. mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut. Terlalu sering menggunakan internet via ponsel tentu menambah radiasi yang diterima oleh tubuh anda. Kurangi kebiasaan tersebut untuk mengurangi jumlah radiasi yang diterima tubuh anda.

sumber:
http://www.detikinet.com/read/2011/06/01/104910/1651513/510/8-kiat-menangkal-radiasi-ponsel?i992205510
http://blog.umy.ac.id/flashsite/2010/12/10/bahaya-pemakaian-headset/