Ok, hari ini gw sedang mencoba fitur SMS Alert ke salah satu server di luar.. Gw mau coba test pake console linux dulu (soalnya kalau ngikutin flow transaksi dari channel, kelamaan). FYI, server SMS Alert ini spesifikasinya berupa web service, dengan format request harus berupa HTTP Post. So, gimana caranya melakukan HTPP Post via Console Linux? (soalnya server yg gw pake Development, OS-nya Linux)

Setelah bertanya kepada Mbah Google..akhirnya diketahui bahwa caranya adalah menggunakan perintah curl. Lo bisa liat cara makenya dengan mengetik:

curl --help

pada console linux untuk mengetahui fungsi lebih lanjut dari command curl. Untuk kasus yg sedang gw test, formatnya adalah:

curl --data 'data=data yang dipassing' http://iniadalahurl.com

Misalnya gw mau passing data username dengan value bayu, bod dengan value Sumedang (bod = birth of date), ke alamat 127.0.0.1 port 8080, maka:

curl --data 'username=bayu&bod=Sumedang' http://127.0.01:8080/

Simple? Yes, hanya seperti itu. Selanjutnya di console akan muncul response dari alamat url yg kita akses tadi. Mau formatnya XML kek, HTML kek, 404 kek, 403 kek.. pokoknya muncul di console:mrgreen:

Mau tahu lebih lanjut tentang curl? Silakan tanya mbah Google, i am not the master. Keywordnya: curl example, atau curl tutorial.