Java GUI? Kenapa tidak. Mudah? Ya.

Mari kita berkenalan dengan Java GUI. Di postingan ini, akan didemonstrasikan dasar-dasar pemrograman GUI dengan menggunakan Java. Mari kita mulai dengan membuat Frame. Pertama buat class dengan nama Main seperti di bawah ini.

public class Main {

	public static void main(String[] args) {
		new Main();
	}

}

Lalu sekarang modifikasi class Main, supaya meng-extends class JFrame. Tambahkan juga constructor class Main seperti di bawah ini. (Dan jangan lupa import class javax.swing.JFrame).

import javax.swing.JFrame;

public class Main extends JFrame {

	public Main(){
		super("Test Java GUI");
		setSize(300, 200);
		setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
		setVisible(true);
	}

	public static void main(String[] args) {
		new Main();
	}

}

Setelah itu, Run Program. Apa yang terjadi? Muncul Frame dengan ukuran 300 x 200 pixels, pada posisi pojok kiri atas.

JFrame Example

JFrame Example

Apa sih itu JFrame? JFrame itu ya komponen GUI yang bentuknya seperti yg tadi di-Run. Lalu apa gunanya memanggil method super(“Test Java GUI”) pada constructor? Ya, tulisan itu muncul di Frame tadi. Karena class Main merupakan turunan dari class JFrame, maka pemanggilan method super() pada contructor di atas berarti memanggil constructor dari class JFrame. Begitu juga dengan pemanggilan method setSize(), setDefaultCloseOperation(), dan setVisible(), itu semua adalah method yg diturunkan dari class parent. Fungsi method setSize() saya rasa cukup jelas, itu untuk men-setting size dari Frame. setVisible() juga sudah cukup jelas, yaitu supaya Frame tsb dapat dilihat (visible), by default adalah false. Jadi  kita harus setVisible dengan nilai true. Lalu kalau setDefaultCloseOperation() untuk apa? Method ini untuk menentukan apa yg harus dilakukan program apabila Frame tadi di-close. Dalam contoh ini, program harus exit (terminate) apabila Frame di-close. Kalau tidak disetting, nanti saat Frame di-close.. program akan tetap running. Tentu kita tidak menginginkan hal itu. Kita ingin Program berhenti setelah Frame tadi di-close.

Mengapa program muncul di pojok kiri atas? Bisa tidak program muncul di tengah-tengah layar? Akan dibahas di postingan berikutnya.