Category: Tips


This article will show you how to install FTP Server on RHEL 6.x. I’m using RHEL 6.4. Even if this step tested on RHEL 6.4, its should work on RHEL 6.x too. You will need Internet Connection for install vsftpd (Very Secure File Transfer Protocol Daemon) if this package not available on your OS. And also you will need to login as root user to install FTP Server.

First step, we must allow port 21 (this port used by FTP). To check whether this port allowed or not, run following command:
netstat -tulpn | less

If port 21 is not allowed, then we must allowed it by modify file /etc/sysconfig/iptables.
# vi /etc/sysconfig/iptables

Append this line:
-A INPUT -m state --state NEW -m tcp -p tcp --dport 21 -j ACCEPT

Save file. Then restart iptables service.
# service iptables restart

Now, we ready to install.
# yum install vsftpd
# start vsftpd service
# service vsftpd start

If you want vsftpd start automatically when OS start:
# chkconfig vsftpd on

We are not done yet. We must config this file /etc/vsftpd/vsftpd.conf
#vi /etc/vsftpd/vsftpd.conf

You can read all of configuration tutorial here. But, all we need is make sure that following properties have these values:
anonymous_enable=NO
local_enable=YES
write_enable=YES
ascii_upload_enable=YES
ascii_download_enable=YES
ftpd_banner=Welcome to YourName FTP server
use_localtime=YES

Then restart vsftpd service
# service vsftpd restart

While tracing some bugs in my project, I need to remote debugging on a remote Tomcat server.

I’ve create file debug.bat with the following lines, save it in Tomcat’s bin directory:

@echo off
set JPDA_TRANSPORT="dt_socket"
set JPDA_ADDRESS="8000"
set JPDA_SERVER="y"
set JPDA_SUSPEND="n"
catalina.bat jpda start

And then, I can start remote debuging. For further information about how to setting Remote Debug in Eclipse or Netbeans, you can see here: http://wiki.apache.org/tomcat/FAQ/Developing. You can find explanation about parameter above there or you cand find it in file catalina.bat itself.

note: I’ve tried this tips in Tomcat 5 and Tomcat 6.

Apa itu Microsoft Security Essentials? Microsoft Security Essentials is a free antivirus program for your personal computer, and provides real-time protection against viruses, spyware and other malicious software.

Udah nyoba install belum? Hari ini saya mencoba install aplikasi tersebut. Bagi yg mau install, silakan download si situs microsoft berikut:

http://windows.microsoft.com/en-AU/windows/products/security-essentials

Continue reading

HTTP Post via Console Linux

Ok, hari ini gw sedang mencoba fitur SMS Alert ke salah satu server di luar.. Gw mau coba test pake console linux dulu (soalnya kalau ngikutin flow transaksi dari channel, kelamaan). FYI, server SMS Alert ini spesifikasinya berupa web service, dengan format request harus berupa HTTP Post. So, gimana caranya melakukan HTPP Post via Console Linux? (soalnya server yg gw pake Development, OS-nya Linux)

Setelah bertanya kepada Mbah Google..akhirnya diketahui bahwa caranya adalah menggunakan perintah curl. Lo bisa liat cara makenya dengan mengetik:

curl --help

pada console linux untuk mengetahui fungsi lebih lanjut dari command curl. Untuk kasus yg sedang gw test, formatnya adalah:

curl --data 'data=data yang dipassing' http://iniadalahurl.com

Misalnya gw mau passing data username dengan value bayu, bod dengan value Sumedang (bod = birth of date), ke alamat 127.0.0.1 port 8080, maka:

curl --data 'username=bayu&bod=Sumedang' http://127.0.01:8080/

Simple? Yes, hanya seperti itu. Selanjutnya di console akan muncul response dari alamat url yg kita akses tadi. Mau formatnya XML kek, HTML kek, 404 kek, 403 kek.. pokoknya muncul di console :mrgreen:

Mau tahu lebih lanjut tentang curl? Silakan tanya mbah Google, i am not the master. Keywordnya: curl example, atau curl tutorial.

How to track your Android

Kalo lo pake Android, lo bisa ngelacak dimana HP/Tablet/Smartphone lo berada. Agak keren sih kedengerannya, tapi sebenernya masih ada kelemahannya.

Pertama lo musti install Lookout Mobile Security, cari aja di Android Market, its free alias gratis. Dengan free user, udah bisa ngelacak and nge-Scream Android lo (nge-Scream itu maksudnya si Android nya disuruh teriak, even if si Android nya lagi pake modus silent). Gw udah coba install, dan ngelacak HP gw sendiri.. dan hasilnya sungguh akurat!! (ketahuan deh kosan gw :mrgreen:)

Kalo udah install, berikutnya lo musti register. Buat apa? Tentu buat ngelacak Android lo, lo musti login (so musti register user dulu). Gw udah install di Android gw, trus register setelahnya. Next, gw lacak Android gw lewat Laptop gw, dan hasilnya?? Eng ing eng…:

tracked

Ini lokasi ponsel gw, di kosan

Lalu apa gunanya ngelacak Android lo dan apa kelemahannya? Kegunaannya adalah kalo Android lo jatuh, ketinggalan, hilang, atau dimaling ama tukang maling, bisa lo lacak tuh. Kelemahannya adalah, kalau Android lo harus dalam keadaan nyala, kalo mati ga bisa dilacak. Itu aja sih kelemahannya.

Trus gimana kalo nomor HP di Android lo diganti? Well, gw belum pernah coba yang satu ini, kayaknya (baru kayaknya loh) sih bisa. Loh kenapa? Karena gw udah coba tadi pagi (lupa ga di screen shoot), tadi pagi gw udah lacak Android gw, padahal gw belum inputin no HP gw ke web nya Lookout, jadi tanpa informasi no HP pun udah bisa dilacak. Tapi kalo no HP nya diganti, gw belum coba. Makanya gw cuma bilang kayaknya, mending lo coba sendiri aja kalo mau tahu hehe :mrgreen:

Apakah ada apps lain selain Lookout? Ada, tapi gw males explore, silakan googling sendiri. :mrgreen:

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,515 other followers