Untuk mempermudah wasit memutuskan bola melewati garis gawang, FIFA telah membenamkan teknologi akurasi gol dalam setiap bola yang digunakan.

Teknologi yang diberi nama Goal Line Technology (GLT) ini terlebih dahulu akan disertakan pada kejuaraan dunia antarklub di Jepang bulan depan. Jika terbukti efektif maka bola GLT ini siap ditendang pada pertandingan piala dunia tahun 2010 nanti.

Dalam uji coba, teknologi ini menerapkan sistem transmisi data yang berasal dari sebuah microchip. Saat bola melintasi garis gawang, secara otomatis microchip dalam bola tersebut akan menghantarkan sinyal ke dalam arloji para wasit. Dengan demikian hasil gol akan tercatat dengan akurat dan tidak lagi menimbulkan kontroversi seperti yang selama ini terjadi.

“FIFA sangat memperhatikan catatan hasil gol. Jika saat uji coba di Jepang nanti hasilnya memuaskan maka FIFA sudah pasti akan menggunakan teknologi goal-line ini pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan,” ujar Eksekutif FIFA yang juga ketua komite piala dunia antarklub, Viacheslav Koloskov, seperti dilansir Yahoo News, Sabtu (17/11/2007).

FIFA telah memutuskan untuk menerapkan sistem berteknologi tinggi pada kejuaraan piala dunia antarklub tahun 2007 yang diselenggarakan mulai tanggal 7-16 Desember nanti. AC Milan dan Boca Junior diharapkan akan memenangkan pertandingan ini.

Rencana penerapan bola GLT ini disambut baik oleh para pemain. Tidak dipungkiri jika selama ini kebanyakan dari mereka mengkhawatirkan penilaian juri yang dianggap kurang akurat. “Jika teknologi ini mampu membuktikan keakurasian hasil gol yang kami lakukan, hal ini akan menjadi kabar baik untuk kami,” ungkap Nobuhisa Yamada, Kapten kesebelasan J-League dari klub Urawa Reds yang akan mewakili Asia pada kejuaraan tersebut.

sumber: http://techno.okezone.com/

hehehe… makin canggih aja nih teknologi jaman sekarang..😛